Kaca merupakan salah satu jenis material bangunan yang banyak digunakan. Bahkan, bisa dikatakan semakin megah bangunan tersebut, semakin banyak unsur kaca yang digunakan dalam arsitektur dan desain interior bangunan. Maka tidak mengherankan, jika toko kaca Jakarta juga kian meningkat jumlahnya. Hal ini dikarenakan permintaan kaca tak pernah berkurang. Apalagi selama pembangunan di Jakarta masih marak, maka kebutuhan untuk kaca tidak akan pernah kendor.

Fungsi Kaca Pada Bangunan

Kaca memang banyak dimanfaatkan, karena  kaca memiliki berbagai fungsi penting pada bangunan.  Terutama untuk memberikan pencahayaan alami, sehingga dapat menghemat energi. Selain itu, kaca juga dapat mempercantik ruangan dan terlihat lebih modern, dan membuat sebuah ruangan terkesan lebih luas dn lega.

Kaca juga berfungsi untuk memperlihatkan isi bagian dalam ruangan ke luar bangunan. Fungsi ini dimanfaatkan oleh bangunan-bangunan komersial seperti barber shop, minimarket dan sebagainya. Maka tidak mengherankan jika bangunan komersial menggunakan material kaca lebih besar dari hunian.

Namun, fungsi kaca dalam bangunan pun kian berkembang. Hingga kini, kaca sudah banyak dimanfaatkan dengan melihat fungsinya dari segi estetika atau keindahannya. Apalagi tampilan kaca pun kian beragam, tidak hanya berupa kaca bening saja. Beberarapa jenis kaca yang sering kita temukan pada bangunan dan dapat ditemukan pada toko kaca Jakarta adalah :

  • kaca bening
  • kaca buram
  • kaca cermin
  • kaca rayban
  • kaca tempered

Pada bangunan modern, kaca tempered lebih sering digunakan karena memiliki kekuatan dan kemananan yang lebih dari jenis kaca biasa. Sehingga kaca tempered dapat lebih dikreasikan berdasarkan kreativitas desainer. Bahkan kolam renang dan tangga yang terbuat dari tempered glass sudah banyak kita temukan. Walaupun tentu saja, penggunaan kaca tempered glass terbanyak adalah untuk kaca dan jendela serta partisi.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Kaca Pada Bangunan

Tidak saja pada gedung komersial, bangunan hunian pun sudah banyak yang menggunakan material kaca pada bangunan. Terutama hunian mewah yang menerapkan begitu banyak unsur kaca berukuran besar di berbagai sudut dinding ruangan. Baik di kamar, balkon, bahkan kamar mandi. Pemasangan Kaca Pada Bangunan

Letak Kaca Pada Bangunan

Salah satu yang harus diperhatikan dalam pemasangan kaca pada dinding bangunan, adalah letak dimana kaca tersebut dipasang. Apalagi, jika kaca tersebut berukuran besar seperti misalnya pintu tempered glass. Karena kaca bersifat meneruskan cahaya sinar matahari, maka pilihan terbaik adalah meletakkan material kaca di arah Utara dan Selatan.

Baca juga: Ringkasan Harga Pintu Kaca Frameless di Tahun 2019

Karena jika Anda meletakkan material frame kaca di arah timur atau barat, maka hal ini akan membuat ruangan menjadi terasa sangat panas. Sehingga, juga akan mempengaruhi kualitas dingin AC Anda. Selain itu, silaunya sinar matahari juga dapat mengganggu penglihatan. Sehingga hal ini dapat mengganggu kenyamanan tempat tinggal Anda.

Jenis Pemasangan Kaca

Ada dua cara pemasangan kaca pada bangunan. Yakni  dengan frame atau tanpa frame. Umumnya kaca dipasang dengan frame, karena pengaplikasian kaca dengan frame dapat membuat tampilan kaca lebih kokoh dan juga rapi. Sementara pemasangan kaca tanpa frame, mengharuskan kaca ditanam ke dinding sehingga pemasangannya agak rumit.

Biaya Pemasangan Kaca

Anda harus memastikan terlebih dahulu, kaca yang hendak Anda gunakan. Baik dari segi kuantitas dan juga kualitas. Hal ini tentu berkaitan dengan biaya yang harus Anda keluarkan.  Anda hampir bisa mendapatkan semua jenis kaca secara online atau offline dari toko kaca Jakarta termasuk kaca tempered 12 mm yang banyak digunakan.

Kaca tempered 12 mm bening berkisar Rp. 460.000/m2. Namun demikian, harga kaca tertera umumnya belum termasuk harga kaca tempered 12mm terpasang. Sehingga Anda harus memastikan kembali semua biaya yang akan dibutuhkan. Karena masing-masing toko bisa jadi memberikan harga jasa pemasangan yang berbeda-beda.