Berbagi kamar sebenarnya merupakan hal yang menyenangkan apalagi bagi anak-anak, maka dari itu anda sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih konsep ruangan yang tepat apalagi jika kasusnya adalah kedua anak anda memiliki kepribadian yang berbeda. Anda harus memikirkan hal ini karena nantinya akan mempengaruhi kenyamanan sang anak itu sendiri, bahkan ada beberapa cerita hanya karena berbagi kamar maka kedua anak mereka setiap harinya bertengkar. Hal ini dapat terjadi jika anda tidak memikirnya baik-baik, terlebih jika keduanya harus berbagi kamar dengan alasan kekurangan ruangan untuk membuat dua kamar anak sekaligus.

Ikuti Tips Berikut Ini dan Buat 2 Anak Anda Dapat Berbagi Kamar Dengan Gembira!

Tips Cerdas Jika 2 Anak Anda Berbagi Kamar

Beberapa orang tua terkadang lebih senang jika kedua anaknya berbagi kamar apalagi jika anaknya sama-sama perempuan atau laki-laki maka akan lebih mudah mengaturnya saat berbagi kamar nanti. Bahkan, diluar negeri berbagi kamar ini bukanlah hal yang asing terjadi apalagi jika keluarga tersebut tinggal di apartemen yang mana dari sisi ruangan sangat terbatas dan menuntut anak-anak mereka harus berbagai kamar dengan saudaranya. Namun, anda juga perlu mengetahui beberapa tips cerdas berikut ini agar kedua anak anda tetap nyaman dan memiliki ruangannya sendiri walau harus tetap berbagi kamar!

  1. Persiapkan sekat ruangan, ini harus anda gunakan untuk memisahkan antara ruang anak A dengan anak B. Dengan adanya sistem sekat ini anak akan lebih merasa dihargai privasinya dalam bentuk apapun. Selain itu, anak akan merasa tetap nyaman walau harus berbagai kamar dengan saudaranya, untuk membuat sekat lebih indah anda juga dapat memberikan warna-warni. Selain itu, dalam memberikan sekat ruangan anda juga harus memikirkan antara luasan area kamar untuk anak A dengan anak B, jangan sampai nanti anak anda protes karena salah satunya merasa tidak adil karena areanya terlalu sempit.
  2. Berikan furniture kesukaan sang anak, membahagiakan anak merupakan kewajiban dari orang tua, dalam hal ini jika anak anda harus berbagai kamar dengan saudaranya paling tidak anda memberikannya masing-masing furniture kesukaan dari anak anda. Misalnya saja tempat tidur, meja belajar dan lemari baju, jika anak anda memiliki kepribadian yang berbeda usahakan agar memberikannya sesuai yang mereka inginkan.
  3. Berikan sedikit area untuk mereka agar tetap bertemu, dalam suatu ruangan termasuk kamar tidur anda harus tetap memberikan sedikit area untuk mereka bertemu dan bermain bersama. Biasanya area ini diletakkan di tengah ruangan dan terdiri dari karpet serta tambahan berupa koleksi mainan atau buku-buku cerita anak. Jangan sekali-kali membiarkan mereka untuk tidak bertemu satu sama lain walau dikamar yang sama karena ini akan menimbulkan hal yang kurang baik nantinya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Para Tenaga Ahli di Bidang Kontraktor Interior yang Siap Bekerja

Tips-tips di atas dapat menjadikan pertimbangan yang bagus bagi anda sebagai orang tua, apalagi jika memang anda berencana untuk membuat kedua anak untuk berbagi kamar. Intinya dari berbagi kamar sebenarnya tidaklah sulit anda hanya harus memberikan pembatas ruangan karena ini adalah hal yang penting sebagai privasi antara anak A dengan anak B. Walau keduanya saudara tapi adakalanya mereka menginginkan privasi misalnya ketika sedang belajar, tidur, ataiu berganti pakaian. Apakah anda tertarik untuk segera membuat kedua anak anda untuk berbagi kamar? Jika iya, itu adalah hal yang sangat baik karena efek positifnya anak akan belajar berbagi sesuatu dengan orang lain ataupun saudaranya.